Monday, December 5, 2011

hati hati dalam berbicara

hati-hati bicara

Dimanapun dan kapanpun kita harus berhati-hati dalam berbicara , karena salah ngomong/salah bicara bisa menyebabkan ornag lain tersinggung atau tersakiti. Dan orang-orang yang tersinggung dan sakit hati bisa menimbulkan saling emosi, saling berdebat, kebencian, saling menjauhi, permusuhan dan pembunuhan.

coba kita lihat berita-berita di TV, banyak tersangka membunuh korbannya disebabkan karena sakit hati. Dan kita pun harus berhati-hati dalam berbicara karena ditakutkan orang yang kita sakiti mempunyai jiwa psikopat (bisa membunuh jika disakiti).

Dalam hadits nabi pun disebutkan bahwa orang yang banyak shalat, puasa dan sedekah tetapi lidahnya gampang menyakiti maka dia menjadi penghuni neraka. Dan sebaliknya walaupun orang tersebut sedikir shalatnya, sedikit puasanya dan sedikit sedekahnya tetapi lidahnya tidak pernah menyakiti orang maka dia adalah penghuni surga.

Hal-hal yang perlu kita perhatikan dalam berbicara :

  1. kata-kata yang menyenangkan hati

  2. Hindari kata-kata yang menyakiti orang lain

    • kata-kata yang merendahkan, menghina, membuat seorang menjadi bahan pembicaran, membentak orang lain, memarahi orang lain, dsb.


Dan kita sebaiknya diam jika tidak ada kata-kata yang menyenangkan orang lain

2 comments:

Blogspot Pemula said...

Iya Bro, perkataan yang salah banyaknya membuat kita repot.
Salam

Sundul said...

Diam itu jauh lebih baik daripada bicara tiada guna