Thursday, November 24, 2011

sikap pergaulan yang islami

Pergaulan merupakan hal yang penting didalam hidup kita. Kata lain dalam pergaulan dalam islam adalah silaturahmi. Banyak sekali manfaat pergaulan/silaturahmi seperti mendatangkan rezeki yang berkah, dipanjangkan usia dan masih banyak lagi.

Kalau kita mau kerjapun dilihat juga kemampuan bergaul/silaturahmi seperti apakah kita komunikatif, ramah, murah senyum, banyak teman atau tidak, gampang mencari teman atau tidak, mudah disukai atau tidak dan masih banyak lagi. Hal ini akan terlihat pada saat tes psikotes dan tes wawancara.

Dalam bisnispun kemampuan bergaul/silaturahmi diperlukan juga mulai dari hubungan kita dengan distributor, klien, konsumen, anak buah, sales dan lain-lain.

TQN Suryalaya merangkum sikap-sikap dalam pergaulan/silaturahmi secara islam (bersumber dari Al-Quran dan Al-Hadits) yang bernama Tanbih TQN Suryalaya :
  1. sikap kita terhadap orang di atas kita
  2. sikap kita terhadp sesama kita
  3. sikap kita terhadap orang dibawah kita
  4. sikap kita terhadap fakir miskin

Pembahasan sebagai berikut :

  1. sikap kita terhadap orang yang di atas kita

    Terhadap orang-orang yang lebih tinggi daripada kita, baik dlohir maupun batin, harus kita hormati, begitulah seharusnya hidup rukun dan saling menghargai.

  2. sikap kita terhadp sesama kita

    Terhadap sesama yang sederajat dengan kita dalam segala-galanya, jangan sampai terjadi persengketaan, sebaliknya harus bersikap rendah hati, bergotong royong dalam melaksanakan perintah agama maupun negara, jangan sampai terjadi perselisihan dan persengketaan

    kalau-kalau kita terkena firman-Nya “Adzabun Alim”, yang berarti duka-nestapa untuk selama-lamanya dari dunia sampai dengan akhirat (badan payah hati susah).

  3. sikap kita terhadap orang dibawah kita

    janganlah hendak menghinakannya atau berbuat tidak senonoh, bersikap angkuh, sebaliknya harus belas kasihan dengan kesadaran, agar mereka merasa senang dan gembira hatinya, jangan sampai merasa takut dan liar, bagaikan tersayat hatinya,

    sebaliknya harus dituntun dibimbing dengan nasehat yang lemah-lembut yang akan memberi keinsyafan dalam menginjak jalan kebaikan.

  4. sikap kita terhadap fakir miskin.

    harus kasih sayang, ramah tamah serta bermanis budi, bersikap murah tangan, mencerminkan bahwa hati kita sadar.

    Coba rasakan diri kita pribadi, betapa pedihnya jika dalam keadaan kekurangan, oleh karena itu janganlah acuh tak acuh, hanya diri sendirilah yang senang, karena mereka jadi fakir-miskin itu bukannya kehendak sendiri, namun itulah kodrat Tuhan.


mengamalkan tanbih TQN Suryalaya di atas maka kita akan mendapatkan kebahagian dunia-akhirat.. Selamat bergaul & Silaturahmi !!!

Coretan gado-gado lainnya
coretan gado-gado 2011

2 comments:

OKE Bisnis said...

ya..mmg luar biasa manfaat silaturahim,insyaAllah dg ini kan mempererat ukhuwah diantara sesama...sunnguh kan dmudahkan urusannya oleh Allah dan dberinya rezki dari arah yg tdk disangka..
posting yg bagus kawan...sukses utk anda..

coretan gado gado said...

@Oke Bisnis = benar dengan silaturahmi maka kita akan diberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka