Thursday, June 8, 2017

Troubleshooting jaringan LAN lambat jika jaringannya memakai keystone jack


# Troubleshooting jaringan LAN Lambat jika jaringannya memakai Outlet/keystone jack

Jaringan yang lambat pasti akan menggangu operasional dari perusahaan.Salah satu tugas bagian IT yang menangani jaringan adalah menangani komplain aplikasi lambat. Contoh aplikasi lambat seperti Internet, MySAP, Email, Intranet dan aplikasi lainnya. Ciri user yang mengalami aplikasi lambat biasanya aplikasi itu lama sekali dibuka.

Nah, Tugas bagian jaringan adalah mencari penyebabnya apakah penyebab lambat aplikasi disebabkan dari kabel jaringan LAN nya atau dari sisi servernya.

Bagaimana troubleshooting jaringan LAN lambat ?

  1. Tanyakan ke User aplikasi yang lambat

    Hal ini untuk mendiagnosa awal penyebabnya. Jika jawabannya hanya salah satu aplikasi sedangkan aplikasi lainnya cepat maka penyebab aplikasi lambat dari sisi servernya.

    Jika jawabannya semua aplikasi maka bisa dipastikan problemnya dari jaringannya.

  2. Cek Ping ke Gateway jaringan

    Masuk ke dalam CMD kemudian lakukan ping ke Gateway jaringan. Lakukan Ping 100x ke Gateway jaringan. Jika hasilnya tidak ada RTO maka dipastikan jaringannya bagus.

    Tetapi jika hasilnya ada beberapa RTO Maka hal ini disebabkan dari jaringannya. Penyebab jaringannya bisa disebabkan kabel dari komputer ke keystone jack/outlet, bisa keystone jacknya, bisa kabel dari keystone jack ke switch, bisa portnya.

  3. Cek kabel Patch Cord dari Komputer ke Keystone Jack/Outlet

    Cek kabel Patchnya dengan kabel tester.Pastikan kabelnya bagus.

    Jika hasil ping ke Gateway sebelumnya banyak RTO coba ganti dengan kabel Patch Cord baru kemudian lakukan ping ke Gateway kembali. Apakah hasilnya bagus atau tidak


Baca Juga
- Artikel mengenai Network Engineer

No comments: