Saturday, October 28, 2017

agar disukai di kantor

13 Cara Agar disukai di Kantor 

Disukai dikantor banyak memberikan manfaat bagi para karyawan. Karyawan yang disukai dikantor biasanya lebih mudah dan cepat dalam menyelesaikan pekerjaan, tim player yang baik, banyak teman, bisa banyak kerjasama dengan banyak orang, mudah membangun tim, menjadi kepercayaan dan anak emas atasan.

Untuk menjadi orang yang disukai di Kantor maka harus dibangun setiap hari. Dibawah ini merupakan 13 cara agar seorang karyawan semakin disukai di Kantor :

  1. Berpakaian yang rapi, bersih, wangi dan sesuai aturan busana Kantor

    Agar menjadi orang yang disukai di kantor maka penampilan adalah hal dasar dan penting. Selalu berpakaian yang rapi, bersih, wangi dan sesuai aturan busana Kantor.

    Dengan menjaga penampilan maka kita terlihat profesional dalam bekerja.

  2. Murah Senyum

    Jadilah orang yang murah senyum dan hangat kepada orang lain. Orang yang murah senyum akan membuat teman kantor jadi lebih dekat. Dan semakin kita menebar senyum duluan maka akan semakin banyak teman kita di kantor.

  3. Pintar mencari bahan pembicaraan

    Setelah kita menjadi orang yang murah senyum. Maka hal lainnya adalah membangun kedekatan dengan teman-teman di kantor termasuk dengan atasan. Salah satu yang membangun kedekatan adalah pintar mencari bahan pembicaraan. Carilah bahan pembicaraan yang disukai oleh teman-teman kantor kita.

    Setiap orang mempunyai hal-hal umum yang disukai dan hal-hal spesifik yang disukai. Tugas kita adalah mengamati dan mencari tahu hal-hal tersebut kemudian bangun keakraban seperti tentang keluarga mereka, anak-anak mereka, hewan kesayangan mereka, dan lain-lain.

  4. Bisa bercanda dengan teman-teman kantor

    Membangun hubungan yang akrab adalah bisa bercanda dengan rekan kantor. Tetapi membangun bercanda dengan kantor harus dibangun hubungan yang baik sebelumnya.

    Dengan kemampuan kita yang bisa bercanda dengan rekan kerja maka akan membangun kerjasama yang lebih baik lagi dalam menyelesaikan pekerjaan.

  5. Minimal ajak ngobrol 1 orang rekan kerja sebelum mulai bekerja

    Kerja dikantor bukan sekedar datang, bekerja, cari duit kemudian pulang. Kerja dikantor juga harus terus membangun hubungan dan terus menambah Teman.

    Salah satu cara agar kita membangun hubungan dengan rekan kerja adalah tegur duluan rekan kerja kita sebelum bekerja dengan melempar senyum, tanya kabar dan lempar candaan jika mood nya sedang dalam keadaan baik.

  6. Menjadi pendengar yang baik.

    Karyawan yang disukai dikantor adalah orang yang murah senyum dan senang memulai berinteraksi dengan rekan kerja dan teman-teman kantor. Salah satu kemampuan komunikasi yang disukai dikantor adalah menjadi pendengar yang baik. Jadilah karyawan yang menjadi pendengar yang baik dalam mendengarkan keluhan dan cerita teman-teman kantor.

  7.  Menghormati Atasan

    Setiap Atasan mempunyai karakter yang berbeda-beda. Ada yang menyenangkan dan ada yang tidak menyenangkan. Setiap atasan mempunyai aturan yang berbeda-beda dalam menginspirasi tim dan anak buahnya. Sebagai anak buah yang baik maka kita harus menghargai dan menghormati atasan kita.

    Jangan pernah membicarakan kelemahan dan kejelekan atasan kita ke rekan kerja atau teman-teman kantor. Karena hal ini bisa jadi bumerang bagi kita suatu hari.

    Jika kita tidak suka dengan atasan kita maka kita bisa curhat dengan keluarga kita atau teman-teman kita diluar kantor.

  8. Bersaing dengan Sehat

    Didalam kantor persaingan kerja dalam menunjukkan kemampuan atau mengambil hati atasan adalah hal biasa. Bersainglah dengan sehat tanpa harus menjatuhkan rekan sekerja. Bersaing dengan menjatuhkan rekan kerja hanya akan membuat kita menambah musuh.

  9. Kita jangan menyombongkan kelebihan kita terhadap rekan kerja yang lain.

    Menyombongkan kelebihan kita terhadap rekan kerja yang lain bisa membuat rekan kerja kita menjadi Iri. Rekan kerja yang iri biasanya akan menjatuhkan kita dengan berbagai cara.

    Lain halnya jika berhubungan atasan. Kita harus pintar mempromosikan hasil kerja atau menunjukkan kelebihan-kelebihan kita dalam bekerja.

  10. Bagi Waktu untuk menyelesaikan pekerjaan dan membangun hubungan.

    Membangun hubungan dengan rekan kerja dan teman-teman kantor merupakan hal penting didalam pekeraan. Dengan membangun hubungan dengan rekan kerja maka akan banyak pekerjaan yang bisa selesaikan.

    Sisihkan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan dan membangun hubungan. Contoh dalam 8 jam waktu bekerja maka bisa dibagi 6 jam untuk menyelesaikan pekerjaan dan 2 jam untuk membangun hubungan.

  11. Sediakan waktu makan siang dengan rekan-rekan kerja

    Dengan menyediakan waktu makan siang dengan rekan-rekan kerja maka kita bisa lebih mengenal karakter dan kebiasaan rekan-rekan kerja kita. Bangun percakapan yang santai saja pada saat makan siang dengan rekan-rekan kerja.

  12. Biasakan menggunakan kata “Tolong” dan “Terima kasih”

    Dua kata ini merupakan kata yang penting dalam dunia pekerjaan. Karena 2 kata ini menunjukkan kepribadaan yang ramah dan menghargai orang lain.

    Kata tolong digunakan pada saat kita minta tolong kepada orang lain. Dengan menggunakan kata ini kita menunjukkan kerendah hatian dan tidak ngeboss.

    Kata “terima kasih” digunakan saat kita telah dibantu orang lain. Dengan menggunakan kata ini menunjukkan kita adalah orang yang tahu rasa terima kasih setelah ditolong.

  13. Tidak suka bergosip

    Bergosip di kantor sangat berbahaya untuk karir kita. Karena bergosip di kantor bisa merusak citra positif dan membuat kita terlihat buruk di mata rekan kerja. Selain itu rekan-rekan kerja akan menjauhi  di tukang gosip karena image mereka takut tercemar.

    Jika gosip kita tentang rekan kerja atau atasan kita diketahui oleh rekan kerja dan atasan kita maka itu bisa berbahaya untuk karir di kantor.

    Jadi agar disukai dikantor maka berhenti bicara hal-hal negatif tentang rekan kerja dan atasan kita. Dan jangan mengkritik perusahaan karena itu juga berbahaya untuk karir kita.

Baca Juga
- Artikel Gado-Gado pada tahun 2017

No comments: