Monday, August 22, 2016

penulis indonesia yang kaya raya

Penulis-Penulis Indonesia yang menjadi Kaya Raya dari Menulis 

Setiap manusia mengidamkan untuk menjadi kaya Raya. Dan ternyata menulis pun bisa membuat kaya Raya. Siapa saja penulis-penulis di Indonesia yang menjadi Kaya raya.

Dibawah ini nama-nama Penulis Indonesia yang menjadi Kaya dari menulis :

  1. Andre Hirata

    Buku-buke Best Seller andre hirata Laskar Pelangi, Sang Pemimpi dan Maryamah Karpov

    Laskar Pelangi adalah novel pertama Andrea Hirata yang bercerita tentang kehidupan 10 anak dari keluarga miskin yang penuh dengan keterbatasan. Novel yang diterbitkan pada 2005 itu telah dicetak berulang- ulang dan saat ini tak kurang dari 600.000 eksemplar telah dijual dengan total keuntungan Rp3,6 miliar.

    Pendapatan tersebut belum termasuk karya-karya lainnya, yaitu Sang Pemimpi dan Maryamah Karpov, serta bonus tambahan dari karyanya yang difilmkan. Andrea Hirata baru-baru ini menerima penghargaan Internationale Tourismus Borse (ITB) Buch Award 2013 pada ajang penyelenggaraan bursa pameran pariwisata terbesar di dunia, ITB Berlin. Andrea mendapatkan penghargaan di kategori sastra Indonesia.

    Buku Laskar Pelangi menjadi salah satu acuan penilaian yang menyebabkan Andrea layak diberi penghargaan tersebut. Laskar Pelangi dinilai layak karena memaparkan kisah berlatar lokal. Andrea sendiri merasa bangga dan berterima kasih atas penghargaan tersebut. Dia mengharapkan penghargaan itu berdampak pada industri pariwisata di Indonesia, terutama Bangka Belitung yang saat ini berkembang sangat baik. ”Semoga ke depan akan lebih meningkat lagi,” tuturnya.
  2. Habiburrahman El Shirazy.

    Salah Satu Buku Best Seller Habiburrahman El Shirzy adalah Ayat-Ayat cinta yang diterbitkan tahun 2004 oleh Penerbit Basmala dan Republika.  Novel ini telah mengalami cetak ulang puluhan kali hingga menembus angka penjualan tertinggi 400.000 eksemplar. Begitu tingginya animo pembaca, novel ini bahkan tidak hanya dicetak ulang, tapi juga dibuat versi filmnya dan ditonton oleh 3,5 juta orang.

    Karya-karya Habib lainnya yang juga laris manis adalah Di Atas Sajadah Cinta ( 2004), Ketika Cinta Berbuah Surga (2005), Pudarnya Pesona Cleopatra (2005), Ketika Cinta Bertasbih (2007), Ketika Cinta Bertasbih 2 ( 2007) Dalam Mihrab Cinta (2007), Bumi Cinta (2010), dan The Romance.

    Kesuksesan novel Ayat-Ayat Cinta dan novel-novel lainnya tersebut menempatkan penulis ini sebagai penulis terkaya kedua di Indonesia dengan Rp 2,4 miliar.
  3. Mira Widjaya

    Karya penulisan Mira Widjaya sekitar 20 karyanya menyentuh penjualan terbaik atau best seller. Dari sekian banyak karyanya, yang paling fenomenal adalah Cinta Sepanjang Amazon (2009).

    Novel ini merupakan karya Mira yang ke-75 dan telah dibuat versi layar lebarnya. Cinta Sepanjang Amazon sukses mengantar penulis ini menjadi penulis terkaya dengan total pendapatan tak kurang dari Rp2 miliar.
  4. Dewi Lestari

    Novel pertama Dee (Nama Panggilan) yang sensasional Supernova Satu: Ksatria, Puteri dan Bintang Jatuh diterbitkan Februari 2001. Novel ini laku 12.000 eksemplar dalam tempo 35 hari dan terjual sampai kurang lebih 75.000 eksemplar.

    Sukses dengan novel pertamanya, Dee lalu meluncurkan novel kedua, yaitu Supernova II: Akar, pada Oktober 2002. Akar sempat mengundang kontroversi karena dianggap melecehkan umat Hindu. Umat Hindu menolak dicantumkannya lambang Omkara/- Aum yang merupakan aksara suci Brahman Tuhan yang Maha Esa dalam Hindu sebagai kover dalam bukunya. Akhirnya, pada cetakan kedua, lambang tersebut tidak ditampilkan lagi.

    Pada Januari 2005 Supernova episode Petir diterbitkan. Tiga tahun setelah Petirdirilis, Dee meluncurkan novel terbarunya Rectoverso (2008) yang merupakan paduan fiksi dan musik. Buku Rectoverso terdiri atas 11 fiksi dan 11 lagu yang saling berhubungan.

    Dari Supernova ini, Dee menghasilkan lebih dari 1,5 miliar rupiah. Semoga saja kesuksesan mereka meraup keuntungan secara material menjadi pertanda yang baik bagi kebangkitan sastra di Indonesia.
  5. Raditya Dika

    Raditya Dika memulai karielnya sebagai seorang blogger dan berhasil menempatkan dirinya sebagai salah satu penulis terkaya di Indonesia lewat novel Kambing Jantan-nya yang fenomenal. Walau film adapatasi novelnya gagal di pasaran, tapi buku-bukunya tetap menjadi terfavorit dan mendapatkan lebih dari 500 juta keuntungan pribadi yang membuat pria yang bekas mantan pacar Sherina ini sebagai penulis muda beruntung. Ia juga menjadi artis yang sukses dengan beberapa iklan dan tampil dalam acara televisi.
  6. Agnes Davonar


    Ia tidak memiliki latar belakang seni ataupun sastra, tapi memulai tulisan-tulisan ringannya lewat blog pribadinya. Tanpa ia sadari, tulisan-tulisannya mampu membius pembaca online hingga akhirnya ia menjelma menjadi penulis novel fenomenal dengan beberapa kontroversi yang menghampanya. Gaby, karakter ciptaannya menjadi kasus terumit di Indonesia yang melibatkan perebutan lagu misterius. Berbekal prestasi blogger internasional dan sejumlah penghargaan nasional, membuat nama dua bersaudara ini melambung menjadi penulis termahal di Indonesia. Buku Surat Kecil Untuk Tuhan karya mereka terjual lebih dari 200.000 exp atau menghasilkan 700 Juta Rupiah. Ia masih memiliki 7 novel lain yang mencetak best seller yang dijual di luar negeri. Menurut sumber film Indonesia, Agnes bersaudara mendapatkan lebih dari 500 juta Rupiah dari hak cipta novelnya yang semuanya telah menjadi perebutan produsen-produsen kakap nasional. Ia mendapatkan akusisi blognya dari Garudafood lewat produk chocolatosnya dengan nilai sponsorship 500 juta pertahun. Sampai saat ini, penulis ini masih dikenal misterius karena tertutup dan jarang sekali tampil walau dibayar mahal sekalipun dalam sebuah seminar.
  7. Asma Nadia

    Kiprah wanita yang satu ini memang luar biasa. Puluhan bukunya baik yang berupa novel, kumpulan cerpen dan kumpulan essai telah terbit. Dan hampir semuanya best seller. Tulisan-tulisan Asma Nadia banyak ditemukan di majalah hingga koran. Salah satu bukunya yang best seller adalah Catatan Hati Seorang Isteri yang diterbitkan Lingkar Pena Publishing dan Kumcer Emak Ingin Naik Haji.

    Tulisan-tulisan yang dibuat oleh Asma tentu saja banyak memberikan inspirasi dan motivasi. Nilai-nilai yang syar’I dapat ditemukan di setiap tulisannya. Hebatnya lagi, Asma mampu mengemasnya dengan cantik bahkan meremaja sekali. Sehingga banyak sekali remaja yang menyukai tulisan-tulisannya. Konon ibu muda ini mengumpulkan lebih dari 300 juta dari karyanya yang beredar dan beberapa hak cipta film untuk novelnya.

Sumber :

No comments: