Tuesday, April 11, 2017

membangun bisnis tanpa modal



Membangun bisnis tanpa modal 
?

Salah satu cara menjadi kaya adalah berbisnis. Dengan berbisnis maka kekayaan kita bisa jauh melebihi seorang karyawan. Orang-orang terkaya di Dunia dan Indonesia adalah wirausaha. Di Indonesia orang-orang terkaya adalah dengan cara berbisnis seperti chairul tanjung (Stasiun TV  Trans TV, Bank Mega, Carefour, Transmart, dll), Abu Rizal Bakrie (TV One, dll), Sandiana Ugo (Adaro, dll), Hari Tanoe (Stasiun TV MNC, Stasiun TV RCTI, Bank MNC, dll)

Salah satu kendala dalam berbisnis adalah modal. Padahal banyak cara agar kita bisa berbisnis tanpa modal.

Di bawah contoh-contoh bisnis tanpa modal
  1. Menjadi Seorang Blogger

    Saat ini sudah banyak blogger yang menghasilkan duit sampai ratusan juta dari blogging. Modal yang dibutuhkan yaitu sebuah komputer atau laptop dan koneksi internet

    Untuk menjadi seorang blogger yang menghasilkan duit maka dibutuhkan kemampuan menulis yang berkualitas dan SEO (Search Engine Optimization)

    Salah satu penghasilan besar dari blogging adalah dari Google Adsense atau memasang iklan sendiri di blog.

  2. Menjadi Seorang Penulis

    Menjadi seorang penulis bisa dilakukan di dunia nyata dan dunia online. Modal yang dibutuhkan hanyalah sebuah komputer atau laptop. Jika menjadi penulis online maka dibutuhkan koneksi ke Internet.

    Untuk menjadi seorang penulis yang menghasilkan duit maka dibutuhkan kemampuan menulis yang berkualitas dan pintar mempromosikan tulisan

  3. Membuat ebook atau audiobook.

    Membuat ebook merupakan bisnis yang tanpa modal. Modal yang kita butuhkan adalah Laptop dan koneksi ke Internet.

    Agar ebook kita sukses maka kita membutukan kemampuan menulis, membuat design ebook dan marketing yang baik.

  4. Pelayanan Jasa.

    Tawarkan kemampuan yang kita kuasai. Modalnya untuk bisnis ini adalah kemampuan kita dan koneksi ke Inernet. Contohnya seperti Jasa pengembangan website, Jasa Design Website, Jasa SEO, dll

    Syarat untuk jenis bisnis ini adalah terus belajar, kemampuan personal branding dan marketing.

    Selain itu kita bisa mempromosikan jasa kita di dunia online seperti www.fiverr.com, https://jakarta.craigslist.org,  www.elance.com/php/landing/main/login.php, www.taskrabbit.com, www.skillshare.comS

  5. Menjadi seorang Agent atau Broker.

    Modal menjadi seorang Agent  atau Broker adalah Telpon dan Koneksi Internet. Salah satu contoh Agent atau Broker adalah dibidang properti. Kita bisa mendapatkan uang dari jasa penjual dan pembeli properti. Penjual properti akan memberikan tips jika bisa mendapatkan pembeli untuk propertinya. Dan pembeli properti akan memberikan tips jika kita bisa membantu memberikan informasi tentang spesifikasi properti yang dicari.

    Biasanya agent properti mendapatkan komisi 2,5%, tetapi bayangkan jika 2,5% dari rumah minimal Rp 1 Milyar maka kita akan mendapatkan komsi 25 juta.

    Untuk menjadi seorang agent atau broker dibutuhkan kemampuan Selling dan marketing yang baik.

  6. Membangun usaha atau perusahaan dengan teman atau partner bisnis.

    Kita bisa membangun bisnis dengan perjanjian bersama. Kita bisa menjual keahlian kita dan teman kita bagian modal.

Di bawah ini merupakan cara membangun bisnis tanpa modal :
  1. Lakukan riset bisnis  tanpa modal

    Banyak bisnis yang bisa kita mulai tanpa modal baik di dunia nyata dan dunia online. Salah satu contoh bisnisnya bisa dilihat pada artikel di atas.

  2. Kembangkan cara berpikir kreatif

    Ide dan kreatif merupakan modal bisnis yang paling besar. Dengan kreatif maka kita bisa menciptakan produk-produk yang bermanfaat.

  3. Pada saat awal membangun bisnis maka lakukan sendiri dulu

    Terus membangun bisnis sampai punya penghasilan yang besar. Setelah penghasilan bisnis kita besar maka kita bisa merekrut tim dan tenaga expert secara setahap demi setahap.

    Jadi tahap awal membangun bisnis kita lakukan sendiri.

  4. Mulailah dari tempat yang gratis.

    Kita bisa memulai bisnis dari rumah, tempat kos ,tempat kontrakan. Jika sudah mempunyai
    keuntungan yang banyak maka kita bisa menyewa atau membeli kantor sendiri.

  5. Onlinekan bisnis kita.

    Awalnya kita bisa online kan bisnis kita dengan blog gratis seperti blogspot. Nanti jika sudah mempunyai penghasilan dari bisnis maka kita bisa membeli domain agar terlihat lebih profesional. Untuk membeli nama domain harga paling murah Rp 100.000 pertahun.

    Selain itu kita juga bisa mempromosikan produk bisnis kita di ebay, www.etsy.com, www.bonanza.com, www.directeats.com/abesmarket/

  6. Marketingkan produk kita di social Media

    Buat Account di Facebook, Google+, Twitter dan Instagram. Promosikan produk kita di social media ini. Kita juga bisa mempromosikan produk kita di WhatApps, BBM atau Telegram.

  7. Bangun Personal Branding dengan www.linkedin.com

    Linkedin merupakan salah satu social media untuk membangun personal branding secara profesional. Social Media ini sangat bagus membangun networking dengan profesi yang sama dan mempromosikan CV kita secara online. Dengan mempromosikan CV kita di linkedin maka akan membuat para headhunter dan para HR perusahaan untuk memperekut.

  8. Terus belajar tentang bisnis

    Ikutilah group-group tentang bisnis di dunia online seperti group Facebook, Group Google+, group WhatApps, group Telegram. Group-group ini semuanya gratis. Pastikan group ini punya moderator dan aturan yang jelas.

    Selain itu kita bisa bergabung ke komunitas-komunitas bisnis gratis seperti OKE OCE bang sandiaga ugo.

    Jangan lupa menyisihkan uang untuk ikut seminar-seminar atau coaching-coaching tentang bisnis.

  9. Sisihkan keuntungan dari Bisnis untuk mengumpulkan Modal bisnis yang lebih besar.

  10. Pinjam ke Bank

    Meminjam duit ke Bank merupakan salah satu modal gratis untuk mendapatkan modal. Pastikan usaha kita mempunyai peluang yang bagus.

    Dalam mencari modal, jangan meminjam duit ke Lintah darat.
Baca Juga
- Coretan Gado Gado Tahun 2017

No comments: