Wednesday, May 10, 2017

cara mengecek oli mobil karburator


Cara mengecek oli mobil dengan mesin karburator

Mengecek  oli mobil karburator merupakan salah satu pekerjaan harian rutin yang harus dicek oleh pemilik mobil. Dengan mengecek oli mobil maka kita bisa memastikan kondisi oli dalam keadaan baik atau tidak  dan mengecek apakah ada kebocoran oli.

Akibat kebocoran oli bisa menyebabkan kerusakan kepada komponen-komponen mobil yang membuat pemilik mobil mengeluarkan banyak duit untuk perbaikannya. Biasanya kebocoran oli ini disebabkan oleh rusaknya atau sudah tidak bagus kualitas (getas) packing atau seal-seal.

Untuk jarak pengecekan oli mobil juga perlu diperhatikan. Untuk Mobil-Mobil lama sebaiknya mengganti Oli dibawah 3000 Km. Dan untuk mobil-mobil baru sebaik mengganti oli dibawah 5000 Km. Selain jarak tempuh hal lain yang mengurangi kualitas oli adalah Macet dan jalan offroad.

Dan salah satu cara efektif melihat kondisi oli adalah mengecek oli dipagi hari atau mengecek oli secara rutin. Untuk mengecek kondisi oli merupakan hal yang mudah dan tidak perlu ke bengkel.

Bagaimana cara mengecek oli mobil apakah masih bagus atau tidak ?

  1. Sediakan tisu atau kain

    Tisu atau kain digunakan untuk membersihkan dipstick sehingga lebih mudah menganalisa kondisi oli

  2. Pastikan mesin dalam keadaan dingin.

    Kita bisa mengecek oli sebelum menyalakan mesin.

    Jika kita ingin mengecek oli sehabis menyalakan mesin maka kita bisa panaskan mesin mobil maksimal 5 menit kemudian matikan dan tunggu selama 5 menit

  3. Cabut Dipstick yang ada pada mesin mobil.

    Dipstick ini digunakan untuk melihat volume dan kondisi oli dalam mesin

  4. Bersihkan Dipstick dengan tisu atau kain kemudian dimasukkan kembali dan dicabut kembali.

    Hal ini berguna untuk menganalisa kondisi oli yang lebih akurat



  5. Analisa oli berdasarkan volumenya, warnanya dan kekentalannya.

    Untuk menganalisa kondisi oli bisa dibaca pada artikel di bawah.

  6. Kembalikan Dipstick ke tempatnya

Cara melihat kualitas oli dari warna pada saat mencabut dipstick :



  • Warna Oli kekuningan seperti saat membeli dulu= ini tandanya  kualitas oli masih dalam keadaan baik dan tidak tidak perlu diganti

  • Warna Oli hitam (pekat) = ini tanda kualitas oli sudah buruk dan kehilangan fungsi lubrikasi. Ini tanda oli sudah harus diganti.

  • Warna Oli Putih = ini menandakan oli bercampur dengan air. Dan kita harus segera mengganti oli dan ke Bengkel untuk memeriksa penyebabnya.
Cara melihat kualitas oli dari tekstur pada saat mencabut dipstick :
  • Sentuh oli dengan dengan jari telunjuk dan raba apakah oli masih cukup kental. Kemudian rasakan juga apakah oli masih halus atau kasar.

    Jika oli terasa kasar maka berarti oli sudah tercampur kotoran atau logam. Dan jika oli sudah terasa kasar maka kita juga harus mengganti dengan oli yang baru.
Baca Juga
- Artikel-artikel Coretan gado gado tahun 2017

No comments: