Tuesday, May 9, 2017

memanaskan mobil karburator


Cara memanaskan Mobil Karburator

Memanaskan mobil setiap hari merupakan hal penting agar mesin awet dan berumur panjang. Dengan memanaskan mobil maka pelumasan oli akan menyebar dengan baik kepada komponen-komponen mobil seperti gear ke gear, ring piston dengan dinding silinder, dll. Selain itu dengan memanaskan mobil akan membuat pembakaran menjadi lebih sempurna karena dibutuhkan waktu antara bensin dan udara untuk bercampur

Ada 2 jenis mesin yaitu mesin injeksi dan non Injeksi (karburator). Untuk mobil-mobil lama biasanya menggunakan mesin karburator (Non Injeksi). Untuk mobil-mobil baru saat ini semuanya memakai mobil injeksi.

Untuk Mobil Karburator diperlukan Cuk/Choke untuk membuat ruang bahan bakar kaya akan bensin. Selain itu Mobil dengan mesin Karburator lebih murah jika dibandingkan Mesin Injeksi, komponennya  lebih sedikit, tidak komplek, perawatan dan service lebih mudah.

Cara memanaskan mobil Karburator yang benar  :

  1. Pastikan menyalakan mesin mobil di ruang terbuka

    Asap mobil mengandung zat-zat yang berbahaya. Dengan memanaskan mobil di area terbuka berarti menyelamatkan diri kita dari keracunan zat-zat berbahaya dari asap mobil.

  2. Aktifkan rem tangan

    Mengaktifkan rem tangan berguna agar berjaga-jaga agar mobil kita tidak loncat jika tidak sengaja menekan kopling atau gas
  3. Tekan manual Choke jika Ada

    Untuk mobil-mobil lama biasanya memakai manual Choke. Jika mobil kita tidak ada manual Choke maka kita bisa lewatkan langkah ini.

  4. Injak pedal gas sebelum menyalakan mesin

    Injak pedal gas sekali sebelum menyalakan mesin. Jika Mesin dingin maka injak pedal gas 2 kali. Jangan injak pedal gas lebih dari 3 kali karena akan membuat Mesin menjadi banjir.

  5. Nyalakan mesin

  6. Setelah 10 detik, jika putaran mesin masih terlalu tinggi, injak pedal gas secara tiba-tiba sebanyak kira-kira 1/2 langkahnya untuk menon-aktifkan perangkat fast idle;

  7. Panaskan dibawah 5 menit

    Idealnya memanaskan mobil 2-3 menit. Dan untuk memanaskan tidak perlu diinjak gas.

    Selain itu matikan AC karena akan membuat mesin menjadi berat. Jika ingin menyalakan AC pada saat nyala mesin sudah stabil.

  8. Setelah 5 menit maka injak pedal gas sedikt dalam untuk mengisi aki mobil. Tekan gas selama 10 detik kemudan lepaskan selama 5 detik. Lakukan ini minimal 6-10x

    cara lain untuk mengisi aki mobil  adalah membawa mobil minimal 500 meter agar aki terisi dan awet.

  9. sebelum mematikan mesin maka injak gas kemudian matikan mesinnya
Baca Juga
- Green tips eco driving
- Artikel coretan gado gado tahun 2017

No comments: