Wednesday, November 8, 2017

cara berdebat dengan atasan

Cara berdebat dengan atasan.

Dalam bekerja di kantor bisa saja kita berdebat dengan atasan. Terutama perbedaan pendapat dengan atasan yang menyebabkan terjadi perdebatan. Berdebat dengan atasan umumnya akan merugikan karir kita kedepannya. Karena jika kita salah kata-kata atau menyakitkan perasaan atasan maka tentunya hubungan kita akan tidak baik dengan atasan.

Berdebat dengan atasan pun ada ilmunya. Di bawah ini merupakan cara berdebat dengan atasan :

1. Senyum atau bermuka manis pada saat atasan mengkritik atau marah.

Atasan adalah penentu karir kita di perusahaan. Pada saat atasan marah atau mengkritik kita maka sebaiknya kita membiasakan senyum. Hal ini bisa membuat atasan kita sedikit cooling down dan membuat diskusi yang lebih enak ke depannya.

2.  Cari tahu masalah sebenarnya apa.

Cari tahu masalah sebenarnya dengan bertanya. Dengan bertanya apa masalahnya maka kita bisa mencari tahu solusinya. Jangan reaktif dan emosi  dengan atasan karena itu bisa berbahaya bagi karir kita.

3. Sampaikan pandangan kita.

Sampaikan pandangan kita jika pandangan kita itu benar. Sampaikan sudut pandang kita dengan jelas. Pastikan pendapat kita bukan menyerang secara personal atasan kita tetapi demi kebaikan perusahaan.

Dan jangan berdebat panas dengan atasan.

4. Mundur saat suasana panas.

Ketika perdebatan semakin panas maka lebih baik mundur untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan karena ini bisa membuat atasan melakukan tindakan yang bisa membuat karir kita menjadi rusak.

Yang terpenting adalah kita berani menyampikan pendapat kita yang benar. Dan beragumentasi dengan pikiran tenang dan intonasi suara yang tenang.

No comments: